Rabu, 11 November 2015

Tips Berbicara di Depan Umum

Image result for KepemimpinanBanyak di antara kita yang sulit berkata-kata atau bahkan memiliki "alergi" jika diharuskan berhadapkan dengan banyak orang. Itu adalah hal yang wajar. Namun kita tidak bisa tetap dalam posisi itu. Kita harus melatih diri kita untuk berani tampil di depan banyak orang. Ada banyak acra yang dapat kita lakukan. Di sini akan dibagikan cara-cara untuk tetap bisa PeDe di depan orang banyak.


1. Berdoa
Cara ini paling umum dilakukan oleh banyak orang. Rata-rata dari mereka akan berdoa supaya bisa melakukan hal ini dengan baik. Memang jika kita mendekat kepada Tuhan, diri kita akan tenang dan ini yang membuat kita akan bisa menguasai diri kita sendiri saat di depan banyak orang. Emosi kita akan lebih terkontrol sehingga mengatasi rasa ketidak tenangan.

2. Sebut Nama
Ini memang sepele sekali. Tapi akan berdampak jika kalian mengucapkan namamu sendiri di benak kalian. Jika kalian melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka akan timbul rasa percaya diri pada diri kalian. Lakukan hal ini sebelum kalian mulai berbicara.

3. Jangan Takut Salah
Kelemahan  kita adalah takut melakukan kesalahan. Banyak diantara kita yang kalah sebelum perang. Ini disebabkan oleh kekurangan kepercayaan diri karena menganggap diri kita tidak bisa melakukannya. Ini memang permasalahan yang sangat fatal. Jadi hindari perilaku ini.

4. PERSIAPKAN MATERI YANG AKAN DI BAWAKAN
Berbicara di hadapan orang banyak sebenarnya sama saja jika kita bercakap-cakap dengan teman. Hanya saja yang membedakan hal demikian dilakukan secara formal di di hadapan khalayak ramai. Sebaiknya anda harus menguasai materi yang hendak kita paparkan supaya tak akan terjadi demam panggung.

5. PAHAMI KONDISI PENONTON
Penonton adalah faktor utama penyebab seseorang mengalami demam panggung. Nah sebaiknya kenalilah karakter dan karakter penonton yang ada dalam acara dan sebaiknya sesuaikan dengan hal yang hendak kita sampaikan atau hal lain yang nantinya akan anda sampaikan. Anggap diri kita paling pintar sendiri dibandingkan dengan para penonton. Hal ini dapat mengurangi rasa minder yang disebabkan oleh penonton.


Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan supaya kita bisa sukses untuk berbicara kepada banyak Tuhan. Yang terpenting adalah minta pertolongan kepada Tuhan. Jangan andalkan dirimu sendiri. Tuhan Yesus memberkati.
Sebelumnya
Selanjutnya

0 komentar: